Obat Tradisional untuk Eksim Kering dan Eksim Basah Yang Sudah Bertahun-tahun

Obat eksim kering dan eksim basah

Eksim Kering dan Eksim Basah

Punya penyakit eksim sungguh sangat merepotkan, selain karena sulit sembuh bisa juga karena penyakit ini gampang sekali kambuh.

Berbagai cara telah di tempuh untuk menemukan obat yang manjur mujarab untuk menyembuhkan penyakit eksim secara permanen. Padahal kita sudah tau eksim tidak akan bisa sembuh karena penyakit eksim merupakan penyakit genetik.

Jadi kita hanya bisa mengurangi penyakitnya dan menjauhi pencetusnya agar eksim basah dan eksim kering tidak parah, itulah yang paling penting.

Sebenarnya dalam dunia kedokteran tidak ada namanya istilah eksim kering dan eksim basah, baca postingan saya tentang jenis-jenis eksim, mungkin statemen ini di masyarakat muncul karena ciri- ciri dari eksim itu sendiri seperti :

Disebut eksim kering karena memiliki ciri-ciri :
  • Kulit kering
  • Bersisik
  • Kulit terasa tebal dan gatal-gatal
  • Kadang disertai nyeri jika ada infeksi dalam.
Disebut eksim basah karena memiliki ciri-ciri :
  • Banyak luka terbuka
  • terjadi infeksi
  • terjadi inflamasi parah
  • eksim bernanah
  • Lebih nyeri dari eksim kering.
    Pengobatan tradisional yang saya tulis ini untuk penyakit eksim kering dan eksim basah jenis Atopik Dermatitis, karena setiap eksim beda penanganannya. Eksim kering lebih ringan dari pada eksim basah dilihat dari bentuk fisiknya, karena eksim basah bisa mengeluarkan nanah dan lebih terasa nyeri daripada eksim kering.


    Pengobatan Eksim Secara Alami dan Tradisional

    Obat tradisional disini adalah yang berasal dari bahan alami baik yang sudah di olah maupun belum di olah.

    1. Kunyit

    Mengobati eksim menggunakan obat tradisional kunyit sangatlah mudah, yaitu bisa kita konsumsi ataupun di oleskan ke kulit yang terkena eksim (topikal). Saya lebih suka menggunakan kunyit dari dapur daripada membeli yang sudah berbentuk bubuk.

    Hasil yang saya dapat, kunyit bisa mengurangi penyakit eksim kering dan eksim basah, karena kunyit mempunyai manfaat untuk mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab eksim semakin parah.
    .
    Pengobatan dengan kunyit harus dibantu dengan pelembab agar kulit lebih tahan terhadap kuman dan hidrasi kulit cukup untuk mencegah kuman masuk pada lapisan kulit untuk eksim kering.

    Gunakan pelembab yang cocok untuk anda, dan tentu yang aman bagi kulit, pastikan tidak alergi dengan bahan - bahan yang terkandung dalam pelembap, terutama untuk anda yang menderita eksim kotak alergi. saya sendiri menggunakan Vaselin Advanced Intensive Care Advenced Strength Lotion.

    Sedangkan untuk eksim basah bisa kita tempelkan kepada kulit yang sakit, sebelumnya bersihkan kulit yang sakit kemudian tempel dengan parutan kunyit.


    2. Bawang Putih

    Dilansir dari merdeka dot com,  Bawang putih 100 kali lipat lebih efektif dari antibiotik, karena itu saya mencobanya untuk mengobati infeksi dan mengobati eksim. Tapi ini merupakan obat eksim yang ekstrim yang pernah saya coba, waktu itu eksim saya banyak luka.

    Saya haluskan bawang putih menggunakan ulekan, kemudian saya oleskan kepada kulit yang terkena eksim.. Alamak rasanya panas dan perih sekali untuk eksim yang ada lukanya.

    Menurut saya rasa perih dan hasil tidak sepadan, lebih baik saya tinggalkan cara ini. Disamping itu bau dari bawang putih sangat menyengat dan mudah menyebar.
    Kemudian saya coba konsumsi bawang putih, memang dapat mengurangi eksim tapi tidak terlalu signifikan. Rasa panas pada perut setelah mengkonsumsi bawang putih mentah, membuat mual dan ingin muntah jika tak terbiasa.

    Akhirnya saya beralih mengobati eksim menggunakan Jeruk Nipis.

    Baca juga artikel saya tentang mengobati infeksi menggunakan bawang putih

    3. Biji Mahoni

    Biji mahoni tergolong mudah di dapat apalagi jika ada pohon mahoni di daerah anda. Saya sudah mencoba mengobati eksim kering menggunakan mahoni, dengan dosis dan efeknya terhadap eksim sebagai berikut :
    • Minum 2 Biji mahoni selama 3 hari eksim tidak ada pengaruh apa-apa
    • Minum 4 Biji mahoni selama 3 hari eksim tampak mengurangi namun tidak signifikan
    • Saya nekat tinggikan dosis perhari minum 9 biji mahoni, eksim langsung berkurang drastis selama tiga hari, tapi efek sampingnya rambut saya langsung rontok. Kemudian saya hentikan pengobatan eksim menggunakan biji mahoni.
    Menurut halosehat dot com, efek samping dari konsumsi mahoni adalah peningkatan kolestrol, tekanan darah menurun, ginjal bermasalah, nyeri ulu hati, kerusakan pembuluh darah.

    4. Jeruk Nipis / Lemon

    Wah buah yang satu ini saya sangat suka sekali, setiap hari saya mengkonsumsinya tiap pagi sebelum sarapan, menurut saya Jeruk Nipis / Lemon ini cukup membantu untuk menyembuhkan eksim saya, dengan kandungan Vitamin C dan anti oksidan terbukti bagus untuk kulit eksim.
    • Bonus setelah rajin konsumsi jeruk nipis tiap hari adalah gatal-gatal eksim berkurang, luka-luka karena garukan cepat sembuh, nyeri-nyeri karena eksim cepat hilang.
    • Mengurangi peradangan karena eksim dan rasa nyeri karena eksim, waktu itu eksim saya kumat, setelah minum Jeruk nipis rasa sakit lebih mendingan.
    • Untuk manfaat kesehatan tubuh, saya jarang terkena flu, jarang sakit walaupun sering begadang, kulit tambak lebih cerah dan tidak kusam.



    5. Lidah Buaya

    Mengobati eksim menggunakan Lidah buaya menurut saya sungguh merepotkan, tapi tetap saja saya coba. awal awal saya  saya ambil satu ruas lidah buaya kemudian saya buka sampai keluar getahnya.

    Saya oleskan ke kulit yang terkena eksim kering, sungguh aroma lidah buaya kurang mengenakkan, dan kurang praktis karena kita harus menempelkan getah itu pada kulit sampai berjam-jam, saya risih gimana kalau terkena baju atau celana.

    menurut informasi dari magwuzz dot com, lidah buaya bermanfaat sebagai anti inflamasi dan anti bakteri, oke saya setuju memang Lidah Buaya ada kandungan vitamin C dan nutrisi lainnya.

    Setelah 2 hari saya menggunakan Lidah Buaya kulit saya lebih lembab, tampilan kulit eksim kering lebih baik, tapi setelah saya hentikan pengobatan ini, eksim kering kambuh lagi.

    6. Daun Sirih

    Pengobatan eksim menggunakan daun sirih sudah saya coba saat masih kecil, beberapa daun sirih di lembutkan, kemudian di oles pada eksim, kulit akan terasa perih apalagi jika ada luka.

    Pengobatan menggunakan Daun Sirih selama sebulan lebih, hasilnya menurut saya kurang mumpuni, Daun Sirih hanya mengobati kulit bagian terluar saja, tidak meresap sampai kedalam.

    Perdangan (inflamasi) tetap saja terjadi, otomatis rasa nyeri tidak berkurang.

    7. Daun Nimba

    Saya sangat penasaran dengan daun ini, manfaat Daun Nimba sangat di gembar gemborkan memiliki antibiotik yang sangat kuat. saya penasaran lebih kuat mana dengan kunyit?

    Menurut khasiat dot co dot id daun mimba memiliki manfaat sebagai :

    • anti kanker
    • mencegah peradangan
    • obat penyakit kulit
    • antibakteri
    • mencegah diabetes
    • penurun panas demam
    • melancarkan peredaran darah
    • obat penyakit malaria
    • mencegah infeksi
    • baik untuk lambung
    Kandungan antibiotik alami dan manfaat mencegah peradangan bagus untuk penyakit eksim, cara penggunaanya tumbuk halus daun mimba kemudian oleskan pada kulit yang sakit.

    8. Minyak Zaitun

    Minyak zaitun banyak tersedia di toko-toko modern kita tinggal pilih sesuai kebutuhan, semakin murni maka semakin bagus (tanpa campuran dengan minyak lain).

    Saya menggunakan minyak zaitun untuk mengobati eksim kering, Minyak zaitun memiliki zat pelembab dan anti oksidan yang bermanfaatnya untuk melembabkan kulit yang kering dan melindunginya dari dari kuman serta bakteri.

    Lebih lengkap lagi baca positngan saya tentang Pengobatan eksim menggunakan Minyak zaitun  

    Itulah artikel tenang Obat Tradisional untuk Eksim Kering dan Eksim Basah Yang Sudah Bertahun-tahun. Semoga bermanfaat, jangan segan-segan untuk berkomentar untuk saling berbagi..

    0 Response to "Obat Tradisional untuk Eksim Kering dan Eksim Basah Yang Sudah Bertahun-tahun"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel