Pengalaman Selama 20 Tahun Mengatasi Eksim Kering dan Eksim Basah Sampai Sembuh

Eksim kering sangat gatal


Terkena Eksim Sejak Masih Kecil

Pada waktu masih umur 6 tahun saya sudah terkena eksim tetapi belum terlalu parah masih gatal biasa, waktu itu juga saya sering di ajak ke Madura ke rumah saudara di daerah pesisir.

Daerah tanahnya kering, jika terkena angin debu akan beterbangan. Semenjak di bawa ke Madura eksim saya menjadi sangat parah.

Sampai tidak bisa jalan, kaki di perban karena sudah busuk, jika perban mau diganti daging di kaki  ikut semua, darah langsung keluar deras. waktu itu tidak pernah ke dokter hanya di obati secara tradisional.

Waktu itu tidak mengerti saya terkena penyakit apa, kalau orang madura nyebutnya poroh olak, kalo orang jawa nyebutnya borok taunan, maklum orang desa. Beberapa waktu ke madura setelah saya ingat-ingat penyebab eksim di kaki saya semakin parah yaitu:
  • Ikan laut, ayam, telur dan petis
  • Air, waktu itu mandi dengan air yang agak berlumut dari sumbernya
  • Udara yang kotor karena sering kena debu.
Ternyata saya  tidak kuat dengan hal itu, tetapi orang lain tidak masalah, keluarga saya yang tinggal di daerah itu juga tidak masalah dengan kulitnya malah sehat.

Setelah pulang dari Madura saya di carikan obat oleh simbah saya di pulau jawa. Saat itu eksim saya masih jenis eksim basah, ini pengalaman saya dalam mengatasi eksim basah, obat yang pernah saya pakai antara lain:

  1. Setiap hari hanya makan tahu, tempe, nasi, dan krupuk akhirnya saya kurus kurang gizi
  2. Mandi dengan daun pak kaplik. tiap hari mandi ini.
  3. Ditempeli kotoran sapi pada kulit yang terkena eksim, sampe kotorannya kering. Padahal kotoran sapi banyak kuman dan bakteri yang berbahaya.
  4. Ditempeli cairan batu gamping, perih dan sakit tapi saya tahan.
  5. Ditempeli sabun wings, saya jerit-jerit nangis
  6. Ditempeli tembakau, sampe saya muntah-muntah kemudian dihentikan.
  7. Makan tokek yang sudah di oven, tiap hari makan ini saya sering muntah.
  8. Makan nyambek. rasanya kayak ayam tapi lebih keras.
  9. Ditempeli telur mateng, kulit sekitar eksim langsung keluar bintik-bintik berisi cairan bening dan tambah gatel, dan disuruh nahan jangan digaruk.
  10. Minum Ramuan Madura, rasanya seperti kopi tapi kalau berhenti eksim akan gatal-gatal lagi.
  11. Pergi berobat ke dokter spesialis kulit untuk pertama kalinya, dari sini saya tau nama penyakit saya, Dokter menginformasikan bahwa penyakit ini tidak bisa sembuh selamanya. Saya langsung pesimis dan stres. Dikasih obat beberapa hari langsung sembuh, tapi setelah 6 bulan eksim kembali lagi merajalela.
  12. Dan pengobatan yang lain masih saya ingat-ingat.
Dari semua pengobatan yang saya lakukan di atas tidak membuat eksim saya sembuh, bisa sembuh jika saya menjauhi pencetusnya. Namun jika saya teledor sedikit saja, penyakit eksim atau dermatitis atopik langsung kambuh tanpa ampun.

Setelah jaman masa kecil saya berlalu, eksim masih saja ada sampai umur 20 tahun, pada umur ini saya sudah mulai bekerja, eksim berubah menjadi eksim kering, ini merupakan pengalaman saya dalam mengatasi eksim kering. Pengobatan yang sudah saya coba antara lain:

  1. Berobat secara tradisional ke Tabib Shinlung, dikasih obat efeknya cuma doyan makan saja, penyakit eksim tidak berkurang sama sekali.
  2. Ikut MLM melia biyang beli propolis 1 set seharga Rp. 550.000 karena jadi member, sama aja hasilnya tidak efek sama sekali dengan penyakit eksim saya.
  3. Setelah itu galau tidak nemu obat yang cocok, akhirnya puasa hanya makan tahu, tempe, sayur. Tapi tetep aja eksim masih suka kumat. Dulu belum ngerti cara makan ala food combining.
  4. Disarankan temen ke orang pinter, disini saya dikasih resep Snake itch Removing Pills. Obatnya sangat manjur, namun saya efek sampingnya setelah mengkonsumsi selama bertahun-tahun.
  5. Saya minum jelly gamat Gold
  6. Saya minum minuman kesehatan dari K-Link, K-Liquid Chlorophyll
  7. Saya pakai Vaselin Intensive care strength setelah membaca dari grup female daily, ternyata eksim saya berkurang secara drastis, kulit bersisik hilang. Namun bekasnya tetap tidak bisa hilang.
  8. Minum lemon hangat tiap pagi sebelum sarapan untuk kesehatan kulit saya, karena mengandung vitamin C.
  9. Minum air yang banyak, sedikit-sedikit minum air biar kelembapan kulit terjaga.
Setelah semua pengobatan yang saya lalui , ternyata eksim tidak bisa sembuh permanen, saya hanya bisa menguranginya (sembuh sementara). Jika saya tidak melakukan treatmen memberikan pelembab pada kulit yang terkena eksim, kulit akan sangat gatal, dan akan kumat lagi.

Tips Agar Eksim Basah Tidak Semakin Parah

Berdasarkan pengalaman saya, waktu masa kecil saya terkena eksim basah. Berikut yang baiknya di jauhi.
  • Selalu jaga kebersihan, rajin bersihkan eksim basah anda, jauhi debu dan kotoran, jika kulit anda kotor kuman akan berkembang membuat eksim semakin parah.
  • Eksim basah jangan sering terkena air, jaga eksim agar tetap kering. Bersihkan sesekali dengan air mengalir yang bersih.
  • Hindari makanan yang membuat eskim anda semakin parah, seperti ayam, telur, ikan, kacang dll
  • Jangan setress, jaga pikiran tetap tenang dan bahagia, karena stress akan membuat pH tubuh menjadi asam.
  • Sarapan macam-macam buah tiap pagi secukupnya, sering makan sayuran setiap makan. Lebih baik lagi terapkan makan ala food combining. Hal ini akan membuat sistem imun akan meningkat, kandungan vitamin dan mineral akan memperbaiki kulit yang rusak.
  • Jika sudah sangat parah pergilah ke Dokter Spesialis Kulit.

Tips Agar Eksim Kering Tidak Semakin Parah

 Berdasarkan pengalaman saya, setelah saya besar eksim basah menjadi eksim kering, tidak berair seperti eksim basah.

  • Selalu jaga kebersihan, rajin bersihkan eksim kering anda, jauhi debudan kotoran, gunakan pakaian dengan kain yang nyaman dipakai.
  • Sering minum air agar kulit terjaga kelembapannya, jarang minum akan membuat kulit semakin kering, bersisik dan pecah-pecah.
  • Berikan pelembab yang cocok pada kulit, pastikan tidak alergi dengan bahan yang terkandung dengan pelembab itu.
  • Jaga makanan, hindari makanan yang membuat eksim kering anda semakin parah.
  • Hindari Sress
  • Sarapan dengan buah, dan sering makan sayuran.
  • Jika sudah parah pergilah ke Dokter Spesialis Kulit

Untuk jenis eksim kontak alergi harus menjauhi bahan-bahan kimia yang membuat kulitnya meradang. Gunakan produk perawatan tubuh yang tidak mengandung bahan alergen pada kulit anda.

Itulah pengalaman saya dalam mengatasi eksim kering dan eksim basah selama 20 tahun sampai sembuh.


3 Responses to "Pengalaman Selama 20 Tahun Mengatasi Eksim Kering dan Eksim Basah Sampai Sembuh "

  1. Woah! I'm really loving the template/theme of this website.
    It's simple, yet effective. A lot of times it's very difficult to get that
    "perfect balance" between user friendliness and appearance.
    I must say that you've done a very good job with this. Additionally,
    the blog loads super quick for me on Safari. Exceptional Blog!

    ReplyDelete
  2. mau tanya, itu akhirnya sembuh pakai apa atau ke dokter mana ya? apa pakai vaseline tadi saja atau diimbangi minum vit c dan air putih ya? saya juga kena eksim dari smp kelas 3 sampai sekarang usia 26 tahun... eksinya di kaki samping betis dan siku tangan. Sangat mengganggu dan bikin stress karena ga sembuh-sembuh

    ReplyDelete
  3. @Marlina sampe sekarang belum sembuh, treatment yang tiap hari saya lakukan adalah dikasih pelembab vaseline advanced strenght pagi dan malam, pagi sebelum sarapan minum jeruk nipis 3 buah..

    Meskipun gak sembuh setidaknya saya bebas makan apa aja jadi gak takut eksimnya kambuh semakin parah.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel