Garamycin Salep : Obat Untuk Infeksi Kulit Ringan

Gentamicyn Sulfate
Salep Garamycin

Manfaat Salep Garamycin

Garamycin salep adalah Salep yang digunakan untuk mengobati infeksi kulit ringan (seperti impetigo , folliculitis ) atau infeksi ringan yang disebabkan oleh beberapa kondisi kulit seperti eksim, psoriasis, luka bakar ringan.

Infeksi kulit yang dapat diobati antara lain :

  • Infeksi Primer Kulit : Pioderma gangrenosum, ecthyma, sycosis barbae, impetigo contagiosa, furunkulosis, dan folikulitis superfisial.
  • Infeksi Kulit Sekunder : Luka bakar dangkal yang disertai infeksi, dermatitis kontak yang disertai infeksi, kista kulit dan abses kulit lainnya bila di dahului dengan insisi dan drainase, dermatitis eczematoid yang menular, dermatitis seboroik yang disertai infeksi, laserasi terinfeksi, jerawat, psoriasis pustular, borok statis / kulit yang terinfeksi, Paronychia, dan termasuk infeksi setelah gigitan serangga.
  • Infeksi mata : Menggunakan Garamicyn salep mata untuk mengobati rongga / lekuk mata yang terinfeksi, keratokonjungtivitis ( radang kornea dan selaput ikat mata), dakrosistitis (radang kantung air mata), blefaritis (radang kelopak mata), keratitis (radang selaput benin/kornea mata), ulkus kornea, konjungtivitis (radang selaput ikat mata), blefarokonjungtivitis (radang kelopak dan selaput ikat mata), episkleritis (peradangan pada sklera/selaput mata keras) dan tembel.


Gentamicin bekerja dengan menghentikan pertumbuhan bakteri tertentu  seperti Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus dan lain-lain terutama bakteri gram negatif. Gentamicin termasuk dalam golongan obat yang dikenal sebagai antibiotik aminoglikosida.

Dikutip dari webmd Antibiotik ini hanya mengobati infeksi bakteri . untuk itu antibiotik ini tidak akan bekerja untuk infeksi virus atau jamur . Yang perlu diperhatikan Penggunaan yang tidak perlu atau penggunaan antibiotik secara berlebihan dapat menyebabkan manfaatnya akan menurun.

Cara menggunakan Garamycin Salep

Obat ini hanya untuk pemakaian pada kulit.

#Cuci tangan sebelum menggunakan salep. Bersihkan dan keringkan daerah yang sakit sesuai petunjuk. Jika Anda merawat impetigo, lepaskan kulit kering dan berkerak dengan hati-hati untuk meningkatkan kontak antara antibiotik dan area yang terinfeksi.

#Kemudian oleskan sedikit obat dalam lapisan tipis seperti yang diperintahkan oleh dokter, biasanya 3 sampai 4 kali sehari. Anda bisa menutupi area dengan perban kasa steril jika diarahkan dokter.

#Jaga agar area yang terinfeksi tetap bersih. Cuci tangan Anda setelah digunakan, kecuali jika Anda menggunakan produk ini untuk merawat tangan.

#Hindari terkena obat ini di mata , hidung, atau mulut Anda . Jika ini terjadi, bersihkan obat dan bilas sampai bersih dengan air.

#Dosis dan lama pengobatan didasarkan pada kondisi medis dan respons terhadap pengobatan.
Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat paling banyak darinya. Untuk membantu Anda ingat, gunakanlah pada waktu yang sama setiap hari.

Jangan menggunakan obat dalam jumlah besar, menggunakan lebih sering, atau gunakan lebih lama dari yang ditentukan. Kondisi Anda tidak akan membaik lebih cepat, dan risiko efek samping Anda meningkat.

Terus gunakan obat ini sampai dengan waktu yang telah ditentukan, walaupun gejala telah hilang setelah beberapa hari. Menghentikan pengobatan terlalu dini memungkinkan bakteri terus tumbuh, yang dapat menyebabkan kembalinya infeksi.
Beritahu dokter jika infeksi kulit Anda tetap ada atau semakin memburuk.

Efek samping Garamycin Salep

Salep ini dapat menyebabkan Iritasi kulit, kemerahan, dan gatal pada kulit. Jika efek samping ini yang terus berlanjut atau semakin memburuk, segera beritahu dokter.

Tapi banyak orang yang menggunakan obat ini tidak memiliki efek samping yang serius. Dokter meresepkan obat ini karena menilai manfaatnya lebih besar dari pada efek samping yang di timbulkan

Penggunaan obat ini untuk waktu yang lama atau berulang dapat menyebabkan infeksi kulit jenis lain (seperti infeksi jamur atau bakteri lainnya).

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, segera dapatkan pertolongan medis jika Anda melihat adanya gejala reaksi alergi yang serius, termasuk: ruam, gatal / bengkak (terutama wajah / lidah / tenggorokan), pusing parah, susah bernafas.


Bisa saja ada efek samping yang ditimbulkan tidak ditulis pada blog ini, jika merasakan efek samping yang tidak tercantum di atas segera hubungi dokter.

Tindakan pencegahan

Sebelum menggunakan gentamisin, beritahu dokter jika Anda alergi terhadap obat tersebut; Atau alergi terhadap antibiotik aminoglikosida lainnya (seperti tobramycin, amikasin).

Sebelum menggunakan obat ini, beritahu dokter riwayat kesehatan Anda.

Obat ini bisa diserap ke dalam darah jika Anda mengoleskannya ke area kulit yang luas, terutama jika daerahnya kulit retak, pecah, atau sobek. Kulit yang terluka bisa menyerap lebih banyak produk ini, dan kemungkinan efek samping yang serius bisa meningkat.

Selama kehamilan, obat ini harus digunakan hanya bila dibutuhkan dengan jelas. Diskusikan risiko dan manfaatnya dengan dokter Anda.

Tidak diketahui apakah obat ini masuk ke dalam ASI. Namun, obat ini tidak mungkin membahayakan bayi menyusui. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menyusui.

Interaksi

Efek dari beberapa obat bisa berubah jika Anda mengunakan obat yang lain atau produk herbal pada saat yang bersamaan. Hal ini dapat meningkatkan risiko Anda untuk efek samping yang serius atau dapat menyebabkan obat Anda tidak bekerja dengan benar.


Untuk membantu dokter memberikan perawatan terbaik, pastikan untuk memberi tahu dokter tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat bebas resep, dan produk herbal) sebelum memulai perawatan dengan obat ini.
 
Saat menggunakan produk ini, jangan memulai, menghentikan, atau mengganti dosis obat lain yang Anda gunakan tanpa persetujuan dokter.


Beberapa produk yang mungkin berinteraksi dengan obat ini antara lain: antibiotik aminoglikosida yang diberikan melalui suntikan (seperti amikasin, gentamisin, tobramycin).

Harga Garamycin salep

Untuk harganya bermacam-macam, tergantung merek, kandungan bahan dan berat kemasan. rentang harga antara Rp. 3000 sampai dengan Rp. 95.000 / tube. Obat ini bisa di dapatkan di Apotik dengan resep dokter, Obat ini termasuk golongan obat Keras.

0 Response to "Garamycin Salep : Obat Untuk Infeksi Kulit Ringan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel