Gak Nyesel Rajin Minum Jeruk Nipis atau Lemon, Apalagi Untuk Penderita Eksim

Manfaat Jeruk Nipis dan Lemon untuk Eksim


Tentang Jeruk Nipis dan Lemon

Jeruk nipis merupakan buah yang mengandung nutrisi seperti  Vitamin B6, C dan A, Potasium, Asam Folat dan Zat Besi, buah yang mudah didapatkan di pasar dengan harga yang murah, namun kaya akan manfaat antara lain :

  1. Untuk meringankan asma, secara alami jeruk nipis menghilangkan dahak yang di akibatkan asma.
  2. Menghilangkan sembelit, kandungan asam sitrat membantu membersihkan pencernaan dalam tubuh, minum jeruk nipis campur dengan air hangat untuk mengatasi sembelit.
  3. Memperlancar pencernaan.
  4. Mengurangi Inflamasi dalam tubuh, meskipun rasanya asam sebenarnya jeruk nipis bersifat sangat basa di dalam tubuh, sehingga dapat membantu mengatasi penyakit yang di akibatkan  infllamasi seperti rematik, linu pada pinggul, dan mencegah penimbunan asam urat dalam tubuh.
  5. Menjaga kesehatan kulit, kandungan vitamin C dan flavanoid merupakan antioksidan yang kuat, sehingga dapat mencegah kulit dari serangan bakteri dan virus.
  6. Mempercepat penyembuhan luka, 
  7. Memutihkan kulit.
Sebenarnya masih banyak lagi manfaat jeruk nipis yang tidak saya tuliskan, namun secara garis besar jeruk nipis mampu menjaga kesehatan tubuh dan mengeluarkan racun-racun dalam tubuh, sehingga kita terhindar dari penyakit.

Manfaat Untuk kulit Yang Terkena Eksim


Setiap hari saya rajin mengkonsumsi buah ini yaitu satu buah jeruk nipis setiap pagi sebelum sarapan. Manfaat yang saya dapat antara lain,
  1. Kulit lebih lembab tidak kering, 
  2. Mengurangi gatal-gatal eksim, 
  3. Kulit terlihat tampak lebih bersih dan kencang, 
  4. Luka-luka bekas eksim cepat sembuh.

Bonusnya pencernaan lebih lancar, dan jarang, bahkan tidak pernah terkena flu parah. Namun terkena flu ringan saja kemudian flu hilang.

Biasanya sebelum rajin mengkonsumsi jeruk nipis kulit saya sering bermasalah, sering gatal-gatal tidak mengenal waktu, kulit terlihat kering dan bersisik, luka - luka yang ditimbulkan lama sembuh bahkan sampai infeksi, tidak bisa tidur nyenyak malam hari karena gatal-gatal menyerang, Jika terkena flu lebih lama sembuh walaupun sudah minum obat.

Pengetahuan tentang minum jeruk nipis ini saya dapat dari grup Food Combining Indonesia, banyak yang meragukan manfaat minum jeruk nipis, ada yang takut lambungnya rusak karena rasanya yang asam dan diminum  sebelum sarapan, kecuali memang anda bermasalah dengan jeruk nipis maka dosinya perlu diatur jangan langsung ambil banyak, Jeruk nipis yang sudah masuk dalam perut akan bersifat basa tidak asam seperti rasanya, maka tidak aneh jika jeruk nipis digunakan untuk pengobatan maag.

Rajin Minum Jeruk Nipis dan Lemon Untuk Menjaga Kesehatan

Maka mulailah kebiasaan minum jeruk nipis sekarang, dari bangun tidur buat air hangat, kemudian campurkan dengan jeruk nipis, aduk aduk. Setelah itu minum secara perlahan.

  • Air jeruk akan melewati mulut dan lidah sehingga akan membunuh kuman dan bakteri yang merugikan, bisa juga digunakan untuk berkumur dahulu untuk membersihkan mulut.
  • Lewat tenggorokan air jeruk nipis hangat akan meluruhkan kerak-kerak, bakteri dan virus penyebab flu akan mati, sehingga bisa mencegah kita terkena flu.
  • Setelah masuk lambung, air hangat dan jeruk nipis akan mengaktifkan fungsi-fungsi pencernaan
  • didalam lambung jeruk nipis akan membunuh kuman-kuman yang tersisa serta membantu liver dalam pembersihan racun dalam tubuh
  • masuk ke usus kandungan jeruk nipis akan diserap tubuh untuk fungsi pertahanan tubuh, menyehatkan kulit, dan membubuh sel sel kanker sebelum sel sel kanker tersebut ganas.
  • Masuk dalam darah zat akan mengikat kolestrol mencegah terkena penyakit jantung dan stroke, mengikat asam urat, mentralisir radikal bebas, menekan kadar lemak untuk dikeluarkan dari dalam tubuh
  • jeruk nipis juga akan menjaga asam basa dalam tubuh

Buah murah yang bisa dibeli dengan harga sepuluh ribu rupiah - duapuluh ribu rupiah per kilo (Juni 2017), sehingga bisa menjaga tubuh kita dari penyakit, hidup sehat tanpa obat - obatan  atau suplemen kesehatan yang mahal.


Cara mengkonsusmi Jeruk nipis dan Lemon

  • Untuk yang bermasalah dengan lambung bisa mencoba sedikit irisan jeruk nipis terus menerus, jika sudah agak kuat minum jeruk nipis bisa ditingkatkan dosisnya.

  • Untuk menjaga kesehatan cukup 1 buah jeruk nipis dimininum sebelum sarapan dengan air hangat secukupnya, tanpa di beri gula.

  • Untuk keperluan diet bisa 2 buah jeruk nipis sebelum tidur dicampur dengan air hangat, jeruk nipis dapat menekan kadar lemak yang berlebihan. Cara ini juga sukses untuk mengecilkan perut ibu yang baru melahirkan.

  • Untuk penyembuhan macam penyakit bisa diminum tiga kali sehari, dicampur dengan air hangat secukupnya diminum saat perut kosong. Tujuannya agar zat-zat jeruk nipis cepat di serap tubuh, jika di campur dengan makanan lain pernyerapan nutrisi yang ada dalam jeruk nipis kurang maksimal.

Efek samping minum jeruk nipis dan Lemon.


  1. Untuk mereka yang sensitif dengan minuman jeruk nipis bisa mengakibatkan sakit perut, mual, mulas dan muntah. Tes dosis dahulu jika belum pernah mencoba minum air jeruk nipis sebelum sarapan, untuk mengetahui bagaimana lambung anda menerima.
  2. Jeruk nipis bisa digunakan untuk pengobatan batu ginjal, namun untuk orang yang punya penyakit ginjal sebaiknya tidak minum jeruk nipis. Umumnya jeruk mengandung kadar potasium tinggi, ginjal yang tidak sehat tidak mampu menjaga keseimbangan elektrolit, hal ini menyebabkan kadar kalium, natrium, dan fosfor tidak normal. Menyebabkan gejala irama jantung abnormal, kelemahan dan denyut jantung melambat.


Beberapa Perbedaan jeruk nipis dan lemon


  • Perbedaan asal usul Jeruk nipis berasal dari Asia Tenggara, sedangkan lemon bereasal dari Asia Timur
  • Perbedaan warna, untuk warna jeruk nipis berwarna hijau, dan lemon berwarna kuning. Tetapi jeruk nipis juga bisa berwarna kuning.
  • Perbedaan bentuk, untuk bentuk lemon berbentuk lebih lonjong dan bisa lebih besar dari pada jeruk nipis, sedangkan jeruk nipis berbentuk bulat dan lebih kecil dari buah lemon. Namun tidak selamanya buah lemon lebih besar dari pada jeruk nipis, begitupun sebaliknya.
  • Perbedaan rasa, saat sudah sama-sama matang jeruk nipis rasanya sangat asam dan sedikit ada pahit-pahitnya, sedangkan buah lemon memiliki rasa asam dan ada sedikit manis-manisnya.
  • Perbedaan manfaat di Masyarakat, biasanya jeruk nipis digunakan untuk bumbu masak seperti menghilangkan bau amis pada ikan, sedangkan buah lemon untuk minuman jus lemon.


Cara menanam jeruk nipis dan Lemon dari biji.

Untuk anda yang mau mencoba menanam jeruk nipis dari biji jeruk nipis caranya sangat mudah. Siapkan bahan : kapas, jeruk nipis yang bagus dan tua, air, wadah plastik kecil.

Langkah-langkah :

  1. Siapkan jeruk nipis, keluarkan semua bijinya
  2. Siapkan kapas
  3. Kupas biji jeruk nipis dari kulitnya, lakukan dengan hati-hati agar daging bijinya tidak terluka saat mengelupas karena kulitnya agak keras dan kuat.
  4. Letakkan biji yang sudah dikelupas diatas kapas, kemudian tutupi atasnya dengan kapas juga tapi tipis-tipis
  5. Siram biji tadi dengan air tapi jangan sampai terlalu basah karena bisa membuat biji jeruk nipis menjadi busuk
  6. Tutup wadah plastik dengan plastik, tapi dikasih lubang-lubang kecil agar ada sirkulasi udara.
  7. Setelah muncul akar dan batangnya, pindahkan bibit ke pot dengan tanah yang telah diberi pupuk agar bisa lebih berkembang.

0 Response to "Gak Nyesel Rajin Minum Jeruk Nipis atau Lemon, Apalagi Untuk Penderita Eksim"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel