Obat Herbal Alami Untuk Eksim

Lidah Buaya Untuk Obat Herbal Alami Eksim.


Beberapa penyakit eksim tidak bisa sembuh walaupun sudah menginjak dewasa, dari beberapa catatan eksim bisa sembuh atau akan hilang dengan sendirinya jika sudah dewasa sekitar umur 30 keatas, namun bagaimana jika eksim seumur hidup tidak juga sembuh?

Mungkin beberapa dari kita akan sering bolak-balik ke dokter spesialis kulit untuk mengobati eksim yang bandel ini, tapi kita akan diberikan resep obat sesuai dengan tingkat keparahan eksim.

Mencoba berbagai obat tradisional ataupun obat olahan dari pabrik yang tersedia di pasaran, malah sampai terkena efek samping obat karena seringnya menggunakannya.

Mungkin anda ingin berhenti mengkonsumsi obat terus menerus bisa mencoba melakukan alternatif menggunakan obat herbal di sekitar kita yang lebih aman dikonsumsi jangka panjang sesuai dosis yang dianjurkan,dikutip dari herbhedgerow berikut Obat herbal alami untuk eksim.

1. Kunyit

Kunyit (Curcuma longa) - Tumbuhan ini sudah banyak yang meneliti dan banyak menggunakannya untuk berbagai keperluan. Kunyit mempunyai kemampuan penyembuhan luka yang mumpuni. kandungan dalam kunyit bermanfaat sebagai antioksidan, antiviral, antibakteri, anti-inflamasi dan antiseptik (Khiljee et al., 2011).

Kunyit sering digunakan untuk mengatasi penyakit eksim baik sebagai campuran obat atau bahan utama, namun data untuk memverifikasi kunyit bisa menyembuhkan eksim masih terbatas.

Kunyit memiliki kandungan bahan aktif curcumin yang memiliki sifat anti-inflamasi dan bakterisida yang dapat membantu mengobati peradangan pada kulit yang disebabkan oleh eksim.

2. Gandum 

Gandum (Avena sativa) - dikenal telah digunakan sebagai ramuan selama ribuan tahun untuk mengatasi gatal dan iritasi. Gandum  bisa digunakan pada eksim anak dengan cara mencampurkannya dengan air saat akan mandi.

Gandum mengandung senyawa yang disebut avenanthramides yang merupakan agen anti-inflamasi yang ampuh dan juga menunjukkan fungsi anti-oksidan (Sur et al., 2008).

Berbagai studi klinis telah dilakukan untuk melihat efek Gandum pada eksim dan terdapat hasil yang signifikan pada kulit yang kemerahan, kering, skalitas, gatal dan eritema setelah penerapan ekstrak Gandum. Penggunaan ekstrak gandum bisa untuk orang dewasa maupun anak-anak (Nebus et al., 2012).

3. Lidah Buaya

Lidah buaya (Aloe barbadensis) - Banyak catatan yang mencantumkan lidah buaya sebagai bahan untuk perawatan kulit eksim.

Menurut sejarah mengatakan bahwa Alexander the Great menaklukkan pulau Socotra di Samudera Hindia atas saran filsuf besar Aristoteles, semata-mata dengan tujuan mendapatkan pasokan tanaman lidah buaya yang cukup untuk mengobati luka-luka tentaranya.

Penelitian telah ditemukan bahwa lidah buaya mengandung penyembuh luka dan anti-inflamasi (Subramanian et al., 2006) hal itu mengapa Lidah Buaya dianggap efektif untuk eksim.

Meskipun tidak ada uji klinis yang telah dilakukan sampai saat ini, bukti anekdot menunjukkan bahwa lidah buaya dapat mengurangi kulit yang gatal dan mengurangi infeksi.

4. Bunga Dandelion

Dandelion (Taraxacum officinale) - dalam beberapa tahun terakhir penelitian telah melaporkan bahwa minum jus dandelion dapat merangsang hati dan membantu membersihkan eksim dyshidrotic (jenis eksim yang menyebabkan lepuh seperti gelembung kecil dengan gatal yang hebat).

Namun, penerapan dandelion secara eksternal juga bisa mengobati eksim. getah Dandelion, atau dikenal sebagai susu dandelion, digunakan untuk mengobati penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi mikroba atau jamur.

 Bunganya adalah sumber alami yang fantastis dari lesitin, yang merupakan nutrisi pelembab yang sering digunakan dalam perawatan kulit. Akar dandelion mengandung sejumlah senyawa yang berbeda termasuk inulin.

Sampai saat ini, tidak ada penelitian yang tampaknya telah dilakukan pada manfaat topikal dandelion untuk eksim, namun senyawanya menunjukkan bahwa hal itu mungkin berguna dalam mengobati penyakit kulit ini.

5. Daun Nimba

Neem (Azardica indica) - Minyak nimba digunakan untuk berbagai macam penyakit, namun tampaknya sangat bermanfaat untuk masalah kulit. Minyaknya digunakan untuk eksim dan sejumlah penyakit kulit lainnya seperti kurap dan kudis.

Daun mimba merupakan pestisida alami, anti-bakteri, anti jamur, anti-virus, anti-inflamasi dan juga memperkuat sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan. Minyak nimba mengandung asam lemak yang membangun kolagen, meningkatkan penyembuhan luka dan menjaga elastisitas kulit.

Studi klinis juga mengungkapkan bahwa Neem menghambat peradangan seefektif kortison asetat, efek ini selanjutnya mempercepat penyembuhan luka (Raina et al., 2008).

6. Bunga Lavender
 
 Lavender (Lavandula angustifolia) - Tumbuhan ini adalah salah satu ekstrak botani yang paling serbaguna  untuk perawatan kulit.

Kandungan Bunga Lavender memiliki manfaat antibakteri, anti-inflamasi, anti jamur, dan anti yang lainnya pokoknya banyak.

Lavender diperkirakan merangsang pertumbuhan sel dan regenerasi di kulit dengan membantu lapisan atas kulit Anda meremajakan dirinya sendiri.

Fakta bahwa lavender mengurangi peradangan, mempercepat penyembuhan luka dan mengatasi infeksi, berarti juga memberi efek yang baik pada eksim.

Minyak atsiri adalah satu-satunya bahan yang aman untuk digunakan pada kulit.

7. Jelatang

Nettle (Urtica dioica) - jelatang yang bisa menyebabkan rasa panas jika disentuh telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati eksim. Bulu jelatang memiliki manfaat antiinflamasi yang cocok untuk menangani eksim.

Penelitian juga menemukan aktivitas anti-mikroba yang tinggi pada ekstrak jelatang (Gülçin, 2004). Tumbuhan ini dapat mengurangi peradangan pada tubuh yang menyebabkan eksim, juga gejala nyeri dan gatal yang menyertainya.

Para ilmuwan menganggap jelatang dapat melakukan hal ini dengan mengurangi kadar bahan kimia peradangan di tubuh, dan dengan mengganggu cara tubuh mentransmisikan sinyal nyeri (University of Maryland Medical Center, 2013).


Herbal apa yang telah Anda gunakan untuk mengobati eksim? Silahkan berbagi pengalaman anda di komentar di bawah ini!

 
Harap dicatat - Demikianlah artikel tentang Obat Herbal Alami Untuk Eksim, Jika anda berminat akan melakukan percobaan menggunakan herbal terhadap eksim anda, Anda harus berkonsultasi dengan ahli herbal medis dan selalu melakukan tes tempel kulit terlebih dahulu. Meski semua Herbal ini aman digunakan pada kulit, beberapa orang bisa saja alergi atau peka terhadap tanaman tertentu yang bisa menyebabkan dermatitis atau reaksi alergi.


0 Response to "Obat Herbal Alami Untuk Eksim"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel