Penyakit Eksim Apakah Menular? Sehingga Orang Lain Menjauhi Kita

Eksim apakah menular?


Pengalaman ini bermula pada saat saya masih duduk dikelas SD, waktu itu pengetahuan tentang perawatan untuk penyakit kulit eksim masih sangat minim.

Bahkan sering menggunakan bahan-bahan yang tidak masuk akal seperti 'maaf' kotoran sapi untuk dioles pada kaki yang terkena eksim, bukannya sembuh kaki saya malah semakin parah. Yang memberikan saran obat juga ada-ada saja, tapi sama orang tua dituruti saja, harapannya agar bisa sembuh.

Saat masih kelas 5 - 6 SD saya sering tidak masuk sekolah, masuk sekolah pun keadaan kaki saya sangat memprihatinkan, karena infeksi, meradang, dan bernanah.

Teman-teman menjauhi saya karena takut tertular akan eksim. kejadian ini sampai saya SMA teman-teman masih menjauhi saya karena punya penyakit eksim. Tapi cuma sebagian teman saja.

Mungkin sebagian dari kita sering bertanya apakah eksim menular? 

Penyakit atopik dermatitis tidaklah menular kecuali kulit eksim terkena infeksi kulit karena bakteri MRSA (methicillin-resistant staphylococcus aureus), Staphilococcus, atau virus herpes, bakteri dan virus inilah yang menular.

Jika orang itu tertular bakteri atau virusnya maka jika sembuh ya dia tidak akan terkena eksim. Karena penyakit eksim itu penyakit genetik (seperti diabetes, alergi, buta warna).

Tidak hanya orang yang terkena eksim saja  yang bisa menularkan penyakit kulit karena infeksi bakteri, orang tanpa penyakit eksim pun bisa menularkan pada orang lain. Orang yang terkena eksim lebih rentan terinfeksi, karena pertahanan tubuh terutama kulit yang lemah.

Jadi sudah taukan kalau penyakit eksim itu tidak menular, Tapi walaupun tidak menular jangan berhenti untuk melakukan perawatan pada eksim agar tidak kambuh dan jauhi pemicunya sebisa mungkin.

Tips Agar Tidak Dijauhi Teman Karena Eksim

Kita tidak ingin orang lain menjauhi kita karena penyakit eksim ini, mungkin salah satu hal ini yang membuat kita kita stress dan tak percaya diri, berikut ini beberapa tips dari saya untuk mengatasinya:

1. Selalu lakukan perawatan yang tepat pada eksim anda, karena setiap orang biasanya perawatan yang cocok tidak sama. Temukan perawatan yang cocok sehingga bisa menjaga keadaan eksim anda tidak menjadi parah, memperburuk kesehatan, penampilan dan kepercayaan diri.

2. Hindari pemicu yang bisa membuat eksim anda semakin parah, seperti terlalu stress, kurang istirahat, terkena debu, makanan, produk perawatan tubuh dan sebagainya. Hal ini untuk mempercepat kesembuhan jika sudah melakukan perawatan. Sehingga eksim semakin cepat menghilang dari kulit.

3. Jelaskan pada orang lain jika memang diperlukan, bahwasanya penyakit kulit eksim tidaklah menular, beritahu mereka tidak perlu kawatir saat bersama anda tidak akan tertular penyakit eksim.

4. Jika tetap saja sebagian orang mungkin paranoid dengan penyakit eksim anda biarkan saja, saya juga sering merasakan yang seperti ini, tetap jalin komunikasi seperti biasa tak perlu membencinya. Karena bisa membuat eksim kita semakin parah.

Itulah tips dari saya, agar tidak di jauhi teman karena eksim, mungkin ada saran yang lain silahkan jangan ragu untuk berkomentar di bawah ini..

0 Response to "Penyakit Eksim Apakah Menular? Sehingga Orang Lain Menjauhi Kita"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel