Lakukan 4 Langkah Ini Jika Tidak Mampu Menjauhi Pantangan Penyakit Eksim

tips agar eksim tidak kambuh

Saat perjalanan jauh karena pekerjaan atau sedang liburan, terkadang kita agak kesulitan untuk menjaga asupan makanan yang sesuai dengan kesehatan kita. Pada jenis makanan tertentu lebih baik dihindari oleh orang yang menderita penyakit eksim.

Hal ini sendiri terjadi berdasar pengalaman saya pada suatu hari tugas ke luar kota, dan kebetulan kantor selalu menyediakan hidangan yang lezat seperti ikan bakar, daging ayam, aneka seafood dan sejenisnya yang merupakan pantangan bagi penderita eksim.

Sungkan juga jika menolak makanan dari pemberian kantor, kecuali saat makan bersama di luar tentu kita masih bisa memilih menu sendiri yang aman untuk penyakit eksim kita.

Sebagai penderita eksim (dermatitis atopik) saya alergi dengan telur, ayam, dan ikan. Otomatis eksim akan semakin parah jika tidak saya kontrol makanan yang saya konsumsi, bahkan sering kumat walaupun sudah menjaga asupan makanan.

Faktor lain yang menyebabkan eksim saya kumat selain karena aspek makanan, bisa juga karena stres, sistem imun lagi menurun, suhu lingkungan yang ekstrim, dan terkadang airnya tidak cocok dengan kulit saya.

4 hal yang dapat saya lakukan agar eksim tidak semakin parah

1. Asupan vitamin C

Hal ini perlu, karena dengan vitamin C luka akibat di garuk akan cepat kering, dan bakteri tidak mudah berkembang dalam kulit yang terluka, dan ini sudah saya buktikan sendiri, terdapat perbedaan jika tidak konsumsi vitamin C, luka pada kulit saya agak lama sembuh dan malah menyebar.

Vitamin C dalam tubuh berfungsi untuk memperbaiki jaringan sel kulit, menangkal radikal bebas dalam kulit.

Untuk sumber vitamin C bisa kita dapatkan dari jeruk nipis dan lemon. Namun bisa juga dari produk kesehatan vitamin C dalam kemasan, namun lebih dianjurkan kita konsumsi yang alami, selain baik bagi tubuh juga aman bagi ginjal karena tanpa bahan pengawet dan bahan - bahan kimia lainnya yang di campur dalam produk kesehatan.

Untuk sumber vitamin C lainnya bisa dari buah jambu biji, pepaya, strawberi, blackcurrant, nanas, markisa, mangga, sukun, kiwi dan sayur paprika hijau, kubis, brokoli, kale, dan bok choy.

2. Jaga Kelembaban Kulit

Sepertinya ini termasuk hal yang wajib, ini terjadi pada area kulit saya tempat bersarangnya eksim, yaitu di pergelangan kaki, lengan, siku, telapak tangan, selama bertahun-tahun tidak sadar di area tersebut kulit saya sangatlah kering, setelah diberikan pelembab yang cocok pada kulit, yaitu pelembab yang bisa meresap dengan baik.

Terbukti kulit tampak lebih sehat, kulit bersisik berkurang, kulit tidak menebal seperti biasanya, dan mengurangi peradangan. Rasa gatal yang luar biasa jarang muncul, akibatnya saya jarang menggaruk hingga terluka, cukup di garuk sedikit-sedikit saja rasa gatalnya sudah reda.

Saya menganggap pelembab kulit dapat melindungi kulit dari kuman yang dapat memperparah eksim serta mampu mengurangi rasa gatal.

Berilah kulit pelembab pada pagi dan malam hari sebelum tidur, namun jika eksim agak parah bisa di beri lebih dari itu sesuai kebutuhan.

Pelembab yang saya gunakan VCO (virgin coconut oil / minyak kelapa murni), EVOO (extract virgin olive oil / minyak zaitun) dan Vaselin intensive care Advanced strenght Lotion.


3. Istirahat yang Cukup

Usahakan jangan begadang, karena bisa menurunkan sistem imun kita, saat tubuh butuh istirahat namun kita tidak memenuhinya, hal ini akan meningkatkan peradangan pada kulit dan memperlambat kesembuhan luka pada eksim. Untuk itu perlu kita Makanan Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Begadang juga akan meningkatkan tingkat pH asam tubuh, dimana dalam keadaan seperti ini merupakan sarang penyakit,


4. Kelola Stress

Beban berat pekerjaan terkadang menjadi pikiran, sehinga muncul pikiran untuk mengatasinya, sering kali hal ini menyebabkan stress. Hal itu sudah alami namun harus kita kelola.

Stress termasuk dapat menyebabkan peradangan, karena menambah kandungan pH asam dalam tubuh, jangan lupa untuk merilekskan pikiran dengan mendengarkan musik, menonton video lucu atau sekedar jalan-jalan keluar.

Mengenai pH asam basa bisa baca postingan saya Daftar Makanan Anti Inflamasi yang Dapat Mempercepat Penyembuhan Eksim

Jika ada tips tambahan untuk mengatasi penyakit eksim bisa tambahkan di komentar ya.. terutama tentang masalah ini saat kita tidak bisa menjauhi pantangan makanan, bisa kita diskusikan bersama.. :)


0 Response to "Lakukan 4 Langkah Ini Jika Tidak Mampu Menjauhi Pantangan Penyakit Eksim"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel