Cara Menanam Jeruk Nipis / Lemon dari Biji Dengan Mudah




Jeruk nipis dan lemon kaya akan vitamin C dan memiliki banyak akan manfaat, di posting sebelumnya saya menggunakan jeruk nipis dan lemon untuk mengobati penyakit eksim yang termasuk ampuh dalam mengatasi eksim. Sehingga tak ragu saya untuk mengkonsumsinya setiap hari.

Harga jeruk nipis dan lemon kadang menjadi mahal jika barang langka di pasaran atau pada waktu tertentu harganya mahal, terkahir saya beli jeruk nipis lokal harganya mencapai 38 ribu perkilo (11/11/2017) di Banyuwangi.

Untuk itu saya berfikir bagaimana kalau saya menanam sendiri jeruk nipis dan lemon menggunakan Pot, atau tambulamot jeruk nipis atau lemon sehingga suatu saat saya akan memiliki kebun jeruk nipis atau kebun lemon pribadi. Caranya sangatlah mudah untuk menanam jeruk nipis atau lemon lokal dari biji. Dibandingkan dengan budidaya jeruk lemon impor yang memiliki perbedaan iklim dari asal negaranya.

Menanam jeruk nipis atau lemon dari biji memerlukan waktu yang lama hingga berbuah, kira-kira sekitar 3 - 5 tahun dari awal kita menanam bijinya, dibandingkan dengan cara stek dari pohon induk jeruk nipis dan lemon tentu lebih cepat berbuah. Untuk cara stek jeruk lemon atau jeruk nipis akan saya posting di lain waktu. Berikut langkah-langkah menanam jeruk nipis atau lemon menggunakan biji :

Bahan-bahan yang di gunakan:

  • Jeruk nipis atau lemon yang sudah matang dan memiliki biji, atau anda bisa membeli di marketplace yang mejual bibit jeruk lemon, kenapa di marketplace karena disana banyak pilihan dan lokasi penjualnya.
  • Tempat media tanam, pada postingan ini saya menggunakan kotak plastik bekas
  • Media tanam tanah yang sudah mengandung unsur hara,
  • Air secukupnya
  • Plastik untuk membungkus
  • Karet untuk membungkus plastik

    Cara menanam Lemon/ Jeruk nipis dengan biji :

    1. Menanam jeruk nipis dan lemon dari biji caranya sama.
    2. Cari jeruk nipis atau lemon yang sudah matang dan bagus, karena ini menentukan kualitas tumbuh kembang tanaman kita nanti.
    3. Ambil bijinya yang besar, bentuknya bulat dan berisi. dengan memilih biji yang bagus, keberhasilan tanaman untuk tumbuh dan berkembang akan semakin besar
    4. Siapkan media tanam, kebetulan saya membelinya di toko tanaman. Atau anda bisa membuatnya sendiri dengan campuran 1:1:1 yaitu tanah, sekam padi dan pupuk kompos yang sudah lama.
    5. Kupas benih jeruk nipis atau lemon sampai terlihat daging bijinya, hati-hati dalam mengupas kulit bijinya jangan sampai daging bijinya rusak atau tergores. Jika biji rusak saat mengupas maka pertumbuhan biji akan kurang maksimal, atau malah gagal tumbuh.
    6. Masukkan biji tadi kedalam media tanam yang sudah disiapkan kira-kira ketebalan tanah 10 cm, dan pendam dengan kedalaman 2 cm. Setelah biji tumbuh, akarnya akan memanjang kebawah jika kita memberikan ketebalan yang rendah akar akan muncul ke permukaan.
    7. Siram dengan air secukupnya jangan terlalu basah banyak air. tapi basah tipis-tipis. 
    8. Tutup media tanam dengan plastik agar keadaan didalam tanah semakin lembab. Tidak perlu di beri lubang plastiknya, nanti plastik akan mengembun, karena keadaan dalam media tanam yang hangat dan lembab.
    Jika di baca lewat tulisan sepertinya sangat panjang langkah-langkahnya, karena penjelasan ini dalam bentuk tulisan, padahal jika kita praktekkan sangatlah mudah dan kita bisa menanam jeruk nipis atau lemon menggunakan biji tidak sampai 10 menit,jika bahan-bahannya sudah tersedia.

    Cara menanam diatas saya menggunakan jeruk nipis dan  lemon lokal,

    Untuk lebih jelasnya perhatikan pada gambar berikut.

    lemon lokal
    Cara menanam lemon / jeruk nipis menggunakan biji

    Inilah jeruk nipis yang sudah saya tanam selama 10 hari daunnya sudah muncul 2 buah.. Masih jauh untuk menjadi pohon jeruk lemon lokal

    Jeruk nipis yang berumur 10 hari, pembibitan dari biji.


    Perawatan

    Setelah biji sudah tumbuh menjadi tanaman kecil, setiap hari disiram tujuaanya agar media tanam tetap basah tipis-tipis. dan taruh pada tempat yang teduh namun masih bisa mendapat sinar matahari.
    Jangan terlalu banyak menyiram tumbuhan dengan air yang terlalu banyak sehingga mendia tanam sangat berair, hal ini dapat menyebabkan tumbuhan kita membusuk.

    Dengan perawatan yang tepat tentu merupakan salah satu cara agar jeruk lemon cepat berbuah. Untuk berapa lama lemon berbuah sudah saya tulis diatas, lemon atau jeruk nipis membutuhkan waktu berbuah sekitar 3 - 5 tahun, karena kita menanamnya dari biji.

    Karena menanam jeruk nipis atau lemon lebih lama untuk berbuah, maka di perlukan kesabaran dalam merawat tanaman ini, jika kita sabar tentu akan menuai hasil yang memuaskan.

    0 Response to "Cara Menanam Jeruk Nipis / Lemon dari Biji Dengan Mudah"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel