Pengertian, Ciri-ciri, penyebab dan pengobatan Eksim / Dermatitis Atopic / Eczema

dermatitis atopic eksim eczema
Eksim pada balita

Tentang Eksim

Eksim mengacu pada suatu kondisi dimana kulit mengalami inflamasi kronis, yang ditandai dengan kulit kering, dengan kulit menebal yang merah dan sangat gatal. Kulit menebal mungkin berasal dari cairan sel darah putih, menjadi bersisik, pecah-pecah, atau mengeras, dikutip dari eczemahelp.ca.

Gejala eksim dapat terlihat dari ringan sampai parah, dan kondisi dapat berdampak negatif terhadap kualitas hidup penderita. Eksim dapat terjadi di mana saja pada kulit dan umumnya ditemukan pada fleksor (lekukan lengan, belakang lutut, pergelangan kaki).

Ada banyak jenis eksim, yaitu dermatitis atopik salah satu yang paling umum. Atopi mengacu pada kecenderungan turun-temurun menjadi eksim, asma, dan rinitis alergi (hay fever). Orang dengan eksim mungkin menderita dengan salah satu penyakit atopik lainnya.

Apa yang menyebabkan eksim?

Penyebab pasti eksim tidak diketahui, namun, ada faktor-faktor genetik, imunologi dan lingkungan yang berperan. Eksim bisa saja datang dan pergi, dan dapat bermigrasi ke seluruh tubuh.

Seperti salah satu area kulit mulai sembuh, tetapi di area kulit yang lain eksim malah berkembang. Ini adalah suatu sifat dari penyakit eksim kronis. Ketika kulit kembali mengalami peradangan, penderita akan merasa tidak nyaman.

Jenis eksim

Berikut ini adalah beberapa jenis eksim :

  • Dermatitis atopik
  • Dermatitis kontak alergi (ACD)
  • Dermatitis kontak iritan
  • Infantile Dermatitis seboroik
  • Dermatitis seboroik dewasa
  • Varicose Dermatitis
  • Dermatitis discoid

 Dermatitis atopik

Dermatitis atopik adalah bentuk paling umum dari eksim dan terkait erat dengan asma dan hayfever. Hal ini dapat mempengaruhi anak-anak dan orang dewasa, biasanya yang terkena karena ada yang menderita eksim dalam keluarga.

Salah satu gejala yang paling umum dari eksim atopik adalah gatal-gatal (pruritus), yang dapat hampir tak tertahankan. Gejala lain termasuk kekeringan kulit, kemerahan dan peradangan.

Karena seringnya menggaruk juga dapat menyebabkan luka terbuka, serta kulit rentan terhadap infeksi.

Kulit yang terinfeksi Eksim, kulit bisa retak-retak dan kadang berair serta menjadi radang yang penuh nanah. Perawatan termasuk melembabkan kulit untuk menjaga hidrasi kulit dan steroid untuk mengurangi peradangan.

Dermatitis kontak alergi (ACD)

Dermatitis kontak alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap zat setelah kontak dengan kulit. Reaksi alergi sering berkembang selama periode waktu melalui kontak berulang dengan zat penyebab alergen.

Sebagai contoh, reaksi alergi dapat terjadi terhadap nikel, yang sering ditemukan pada perhiasan anting, kancing pada kaus bayi, sabuk gesper dan kancing jean.

Reaksi juga dapat terjadi setelah kontak dengan zat lain seperti parfum dan karet. Dalam rangka untuk mencegah reaksi berulang yang terbaik adalah untuk mencegah kontak dengan apa pun yang Anda tahu dengan penyebab ruam pada kulit.

Dermatitis kontak iritan

Ini adalah jenis eksim disebabkan oleh sering kontak dengan zat sehari-hari, seperti deterjen dan bahan kimia, yang mengiritasi kulit.

Ini paling sering terjadi pada tangan orang dewasa dan dapat dicegah dengan menghindari iritasi dan menjaga hidrasi kulit dengan pelembap. Ini biasanya terjadi pada pasien yang memiliki atopik dermititis.

Infantile Dermatitis seboroik

Sebuah kondisi yang mempengaruhi bayi di bawah satu tahun, penyebab pasti yang tidak diketahui. Juga disebut sebagai cradle cap, biasanya dimulai pada kulit kepala atau daerah popok dan cepat menyebar.

Meskipun jenis eksim ini terlihat menyenangkan, tidak sakit atau gatal dan tidak menyebabkan bayi merasa tidak nyaman atau tidak enak badan.

Biasanya jenis ini eksim akan jelas dalam beberapa bulan, meskipun penggunaan krim pelembab dan minyak mandi dapat membantu untuk mempercepat penyembuhan kulit.

Dermatitis seboroik dewasa

Eksim ini secara khas menyerang orang dewasa antara usia 20 dan 40. Hal ini biasanya terlihat pada kulit kepala sperti terkena ketombe ringan, tetapi dapat menyebar ke wajah, telinga dan dada.

Kulit menjadi merah, meradang dan mulai mengelupas. Kondisi ini diyakini disebabkan oleh pertumbuhan bakteri. Jika kondisi menjadi terinfeksi, pengobatan dengan krim anti jamur mungkin diperlukan.

Varicose Dermatitis

Varises eksim mempengaruhi kaki bagian bawah dari orang-orang di tengah mereka untuk akhir tahun, yang disebabkan oleh sirkulasi yang buruk.

Umumnya kulit di sekitar mata kaki yang terpengaruh, menjadi berbintik-bintik, gatal dan meradang. Pengobatan dengan pelembab kulit dan krim steroid. Jika tidak diobati, kulit dapat rusak, sehingga maag.

Dermatitis diskoid

Biasanya ditemukan pada orang dewasa dan muncul tiba-tiba sebagai beberapa daerah seperti berbentuk koin dan kulit ikut memerah, biasanya pada batang atau kaki bagian bawah.

Area kulit tersebut menjadi gatal dan bisa mengeluarkan cairan. Biasanya eksim diskoid diperlakukan dengan memberi pelembab kulit (dan krim steroid jika perlu).

Komplikasi Eksim

Beberapa komplikasi eksim termasuk infeksi kulit, eksim herpticum, neurodermatitis, dan komplikasi mata.

Infeksi kulit

Menggaruk yang terkait dengan eksim dapat mengelupas kulit yang menyebabkan luka terbuka yang kemudian dapat menjadi terinfeksi, kulit merupakan pelindung tubuh dari benda-benda asing maupun virus dan bakteri.

 Hal ini dapat menyebabkan infeksi ringan atau yang lebih serius. Konsultasikanlah dengan dokter jika ada pembengkakan, nyeri, pengerasan kulit, atau nanah mengalir dari eksim.

Eksim herpetikum

Kulit yang menjadi infleksi dengan virus herpes simpleks (virus yang menyebabkan luka dingin) disebut eksim herpeticum.

Gejala mungkin termasuk kulit bernanah yang menyakitkan atau cairan lepuh atau luka, yang mungkin disertai dengan demam, kelelahan, dan kelenjar bengkak.

Pengobatan yang tepat sangat penting untuk Eksim herpetikum, karena infleksi dapat menyebar ke mata atau organ internal, menyebabkan masalah serius. Perhatian harus diambil sekitar orang dengan menjauhi berciuman dan kontak kulit ke kulit.

Ekstra hati-hati dengan bayi dan anak-anak, terutama mereka dengan eksim dan / atau daerah terbuka di kulit mereka. Kadang-kadang, dengan bayi dan anak kecil, kontak dengan virus herpes simplex bisa berakibat fatal. Kosultasikan dengan dokter segera jika ada kekhawatiran.

Neurodermatitis

Gatal jangka panjang dan menggaruk kulit dapat menyebabkan sensasi  gatal yang semakin meningkat, yang mungkin bisa menyebabkan neurodermatitis (juga dikenal sebagai neurodermatitis).

 Pada daerah-daerah tersebut penampilan kulit yang sering tergores menjadi tebal dan kasar, dan lapisan kulit bisa memerah dan lebih gelap dari kulit yang masih sehat.

Menggaruk terus-menerus dapat menyebabkan perubahan permanen dalam warna kulit. Kunjungi dokter jika mengalami gatal yang intens dan / atau ada perubahan nyata pada kulit.

Komplikasi mata

Dalam kasus yang jarang terjadi, dermatitis atopik parah dapat menyebabkan komplikasi mata yang berpotensi menyebabkan kerusakan mata permanen. Kunjungi dokter jika mengalami peradangan di sekitar mata, dan dalam mata.

Gangguan Fungsi Perlindungan Kulit 

Kulit kita adalah sebagai penghalang dengan dunia luar, agak tahan air, dan membuat organ-organ internal dan sistem yang aman dari unsur-unsur yang merugikan dan dari bakteri menyerang tubuh kita. Pasien dermatitis atopik memiliki gangguan fungsi pelindungan dari kulit.

Ini berarti bahwa pelindung kulit rusak, kehilangan kelembaban, dan dapat memudahkan bakteri untuk tumbuh dan memasuki tubuh (menyebabkan infeksi bakteri pada kulit). Hilangnya air dalam kulit menyebabkan kering dan pecah-pecah.

Tujuan dari pengobatan eksim adalah untuk memberi kelembaban, dan menciptakan sebuah penghalang dari unsur-unsur yang merugikan untuk melindungi kulit. Inilah sebabnya mengapa pelembab dapat membantu.

Peradangan dan Pemicunya

Peradangan dapat disebabkan oleh unsur-unsur lingkungan sekitar atau "pemicunya" seperti sabun tertentu, kain pakaian, deodoran, serat karpet, debu, dan lain-lain. Kadang-kadang peradangan akan terjadi, walaupun dengan pemicu yang tidak jelas. Kepanasan, keringat berlebihan, kelembaban yang rendah, makanan tertentu dan stres juga dapat berkontribusi untuk memulai peradangan.

Ketika kulit menjadi menebal dengan salah satu dari iritasi tersebut, gatal menyebabkan penderita menggaruk daerah yang terkena. Menggaruk membuat kondisi lebih buruk dan kulit menjadi meradang dan memerah, rasa gatal meningkat. Ini disebut "siklus gatal-awal" dan dapat menjadi parah dan menyebabkan rasa sakit.

Apakah pemicu Eksim Anda?

Lihatlah di sekitar Anda dan tuliskan semua hal yang mungkin di sekitar Anda yang bisa menyebabkan peradangan. Misalnya, apakah Anda mengalami peradangan atau memburuknya eksim Anda ketika Anda memakai sweater tertentu? Apakah eksim Anda semakin buruk di musim dingin? Apakah Anda gatal pada hari-hari ketika Anda membersihkan rumah Anda? Apakah parfum mengiritasi kulit Anda? Gunakan grafik pemicu ini untuk membantu mengidentifikasi pemicu eksim Anda.

Pencegahan adalah Obat Terbaik

Mengendalikan faktor di lingkungan Anda dapat membantu meminimalkan peradangan yang telah terjadi. Dengan meminimalkan atau menghilangkan pemicu eksim Anda, Anda dapat membantu mengurangi jumlah penyebab peradangan alami.

Salah satu yang membuat frustasi eksim adalah bahwa peradangan masih terjadi terjadi bahkan ketika Anda rajin menghindari pemicu dan merawat kulit Anda. Menjaga kelembaban kulit Anda adalah penanganan pertama terhadap eksim.

Peran Alergi Makanan Terhadap Eksim

Makanan tertentu dapat memicu peradangan, seperti pemicu yang ada pada lingkungan sekitar kita. Hal ini dapat terjadi dengan mengkonsumsi makanan pemicu eksim, atau melalui kontak kulit dengan makanan selama persiapan atau selama makan (di tangan dan di sekitar mulut).

Penting untuk dicatat bahwa alergi makanan tidak menyebabkan eksim, namun makanan dapat memicu peradangan. Hal ini tidak dianjurkan untuk menahan makanan, atau seluruh kelompok makanan, untuk jangka waktu yang lama tanpa konsultasi dokter atau ahli alergi untuk mengkonfirmasi bahwa sebenarnya ada alergi terhadap makanan itu.

Tes alergi kulit dapat membantu untuk memberikan petunjuk tentang lingkungan dan alergi makanan, namun pasien dengan dermatitis atopik memiliki tingkat 'positif palsu' yang tinggi, sebagai tindakan sederhana menggaruk kulit selama pengujian dapat menyebabkan peradangan yang kemudian dapat disalahartikan sebagai reaksi alergi. Penggunaan antihistamin juga dapat mempengaruhi keakuratan tes alergi. Bicarakan tentang alergi dan eksim anda kepada dokter sebelum perawatan medis dan pengujian alergi.

Apakah ada obat untuk eksim?

Eksim atopik adalah penyakit kronis, kondisi berulang dengan "peradangan" (kulit menebal aktif atau  eksim baru - yang terlihat merah, bersisik, dan / atau bergelombang) dan bekas eksim (ketika eksim tidak aktif).

Beberapa orang tampaknya selalu  memiliki beberapa daerah yang aktif. Tidak ada obat yang pasti untuk eksim meskipun pasien dapat mencapai kontrol yang sangat baik dan hidup cukup nyaman. Sebagian besar anak-anak eksim akan tumbuh dari tubuh mereka, dan peradangan secara bertahap akan berkurang dari waktu ke waktu.

Sebaiknya jaga pola makan anda dengan menjauhi makanan yang menyebabkan inflamasi dan konsumsi makanan yang meredakan inflamasi dalam tubuh.

Eksim dan Dampak terhadap Kualitas Hidup Anda

Ketika salah satu anggota keluarga menderita eksim, maka seluruh keluarga akan menderita. Perhatikan saat mandi dan selalu memakai pelembab, pemantauan kondisi kulit secara terus-menerus, perubahan gaya hidup dalam upaya untuk menghindari pemicu, dan gangguan tidur di malam hari dapat mempengaruhi kualitas hidup bagi seluruh anggota keluarga.

Pentingnya Dukungan Dari Keluarga

Berbicara dengan orang lain yang memahami apa yang Anda lalui sangat penting. Eksim adalah penyakit spektrum, yang berarti bahwa ada kondisi yang sangat ringan yang tidak mengganggu untuk pasien, dan kemudian ada kondisi sedang dan berat yang memiliki dampak fisik dan psikologis yang signifikan. Seringkali dampak eksim bisa diminimalkan.

Dampak psikologis dari Penyakit Eksim

Eksim memiliki dampak psikologis yang signifikan pada penderita dan keluarga mereka.

Perasaan malu dapat menyebabkan penarikan sosial dan harga diri rendah.
Gangguan tidur adalah hal biasa yang umum, terutama pada bayi dan anak-anak, tetapi juga bisa berlaku untuk orang dewasa yang menderita eksim.
Kondisi ini dapat berdampak negatif pada suasana hati dan hidup sehari-hari, karena dapat menjadi kondisi kronis yang menyakitkan dan tidak nyaman.

kualitas dampak eksim hidup bagi penderitanya dan seluruh keluarga mereka. interaksi sosial, hubungan, pekerjaan, keluarga, kenyamanan, dan citra diri semua dapat terpengaruh secara negatif ketika eksim tidak terkontrol dengan baik.

1 Response to "Pengertian, Ciri-ciri, penyebab dan pengobatan Eksim / Dermatitis Atopic / Eczema"

  1. Mantab mas blognya, tertarget banget.. sayangnya belum ada yang mau di pancal. He

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel