Penyebab Motor Ban Depan Matic Gundul Separuh



Motor matic Honda Beat FI yang sudah saya miliki dari beli baru tak terasa sudah berumur selama 6 Tahun, ada fenomena aneh yang pertama kali saya alami saat mengendarai sepeda motor matic ini, yaitu ban depan luar gundul tipis separuh tidak seperti biasanya. Saya bertanya kepada beberapa orang yang memiliki motor matic juga mengalami hal yang sama, ban depan mengalami tipis separuh tidak pas ke tengah.

Saya cek secara sekilas dari depan motor tidak ada yang miring baik skok maupun garpu, Namun setelah saya cek ban belakang posisinya sudah tidak center seperti pertama kali saat beli baru. Ban belakang lebih condong kekakanan, mungkin ini adalah penyebab ban depan saya gundul tipis sebelah, sedangkan sisi ban yang lain masih terlihat bagus.

Pada kasus motor saya ini penyebab ban belakang tidak center bisa karena rangka yang sudah tidak center lagi, atau dudukan skok bengkok. Maka untuk memastikannya saya perlu ke bengkel motor. Untuk biaya servis center rangka sekitar 100 ribu - 300 ribu untuk kerusakan yang tidak yang terlalu parah. Sedangkan perbaikan center body kerusakan sedang antara 400 ribu - 600 ribu.

Disarankan menggunakan jasa bengkel yang sudah berpengalaman memperbaiki bodi motor yang tidak center, kita bisa mengetahuinya melalui testimoni para pelanggan yang sudah menggunakan jasa bengkel tersebut.

Setiap motor bisa saja berbeda penyebab ban depannya gundul separuh, setelah sempat saya bertanya pada Grup BEKAKAS (Bergejil Suka Bekakas) berikut ini jawaban yang saya dapatkan antara lain.


  1. Skok depan salah satu rusak, kerusakan suspensi, sering menghajar lubang aspal, kerusakan skok tidak merata hanya pada satu sisi saja. Maka perlu mengganti suspensi agar balance lagi.
  2. Komstir rusak, diperbaiki dengan cara ganti komstir.
  3. Motor pernah terjatuh, untuk memperbaiki perlu di cek rangka, garpu, dudukan skok dan skok. Untuk motor terjatuh pemeriksaannya lebih merata karena kita tidak tahu part mana yang sudah tidak presisi, sehingga perlu untuk perbaikan.
  4. Garpu tidak balance. Setelan garpu bisa di adjust untuk mengembalikan keseimbangan.
  5. Terlalu sering ngebut dengan kekuatan penuh,sehingga rangka menjadi tidak balance. Ban belakang terlalu kuat mendorong dari belakang secara terus menerus, seiring berjalannya waktu rangka terkena dorongan akhirnya menjadi bengkok, dan juga mendapat tekanan dari ban depan saat kita mengerem maupun menabrak lubang aspal.
  6. Kelemahan merk ban tertentu. Untuk kasus kelemahan merk ban tertentu masih perlu di selidiki karena kemungkinan hanya beberapa ban yang kualitasnya kurang bagus di pasaran.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Penyebab Motor Ban Depan Matic Gundul Separuh, semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca blog ini.

1 Response to "Penyebab Motor Ban Depan Matic Gundul Separuh"

  1. So what's the big hype about ROI Unlimited? What makes ROI Unlimited "different" then all the other "run of the mill" programs you see popping up every second of every single day? roi

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel