Sering Ke Dokter Spesialis Kulit Tapi Eksim Tetap Tidak Sembuh, Ini Yang Saya Lakukan..

dokter kulit untuk eksim
Dokter dan stetoskop

Dulu waktu masih kecil saya tidak mengerti apa penyakit kulit yang saya derita, penyakit kulit tersebut mempunyai ciri-ciri sangat gatal, radang kulit, kulit kering, pecah-pecah dan disaat parah bisa infeksi. Sering muncul vesikel pada kulit kaki, hingga menyebar sampai paha, tangan dan sikut.

Jika sudah parah saya datang ke Dokter spesialis kulit yang paling bagus di daerah saya untuk mendapatkan penanganan, menurut Dokter Spesialis Kulit penyakit Atopic Dermatitis atau eksim tidak bisa sembuh, kita hanya bisa menjaga dan mencegahnya agar tidak semakin parah.

Seperti menjauhi makanan yang memperparah eksim, pada saat ke Dokter spesiali Kulit kita akan di beri obat berupa anti alergi, kortikosteroid berbentuk salep ataupun, dan antibiotik jika eksim kita sudah infeksi. Perlu diingat obat-obat tersebut merupakan obat keras dan harus dengan resep dokter, atau tubuh kita akan rusak jika tidak menggunakan dosis obat yang tepat.

Setelah obat eksim dari Dokter spesialis kulit habis (biasanya 5 hari), eksim sudah sembuh, kulit kembali seperti normal dan eksim tidak terlihat. Hal ini tentu saja hanya sementara, karena eksim kapanpun siap kambuh jika kita tidak menjauhi pencetusnya. Dan hal itu terjadi berulang - ulang kali.

Inilah Yang Saya Lakukan Untuk Menangani Eksim


Karena berbagai macam pengobatan untuk eksim sudah saya coba dan ternyata eksim juga tidak bisa sembuh secara permanen. Berikut ini yang saya lakukan agar eksim tidak semakin parah.

  1. Rajin memberikan pelembab pada kulit yang kering, pastikan memakai pelambab yang bisa meresap pada kulit sehingga mampu melindungi kulit agar tidak kering, karena kulit yang kering dapat memperburuk eksim / atopik dermatitis, semakin kering maka semakin gatal kulit eksim.
  2. Minum jeruk nipis atau lemon setiap hari terbukti memberikan manfaat yang besar untuk kulit. Kulit tidak gampang kering, ada kandungan vitamin c yang bisa membantu penyembuhan luka (karena sering digaruk). Pokoknya rekomended buat kamu yang punya eksim kudu minum buah ini tiap hari.
  3. Hindari stress, ini beneran. Ternyata setres bisa memperburuk eksim kamu. Pernah suatu ketika ada masalah pekerjaan yang membuat saya lumayan stress, keesokan harinya sekujur tubuh saya rasanya gatal-gatal semua, dan eksim semakin menebal. Akhirnya saya harus menenangkan diri dengan refreshing dengan keluarga, dan gatal-gatal pun berkurang.
  4. Sering makan buah - buah dan sayur, kandungan vitamin, mineral dan enzim yang ada pada buah dan sayur sangat membantu untuk meringankan eksim. Dan tentu saja seluruh tubuh juga akan merasakan manfaatnya dari konsumsi buah dan sayur.
  5. Sesekali berolah raga, karena memang saya gak rajin olah raga jadi saya sesekali berolah raga, minimal 1 minggu sekali, hal ini untuk membantu membuang racun-racun dalam tubuh serta mempercepat metabolisme tubuh. ya otomatis bisa mempercepat penyembuhan eksim.
  6. Sebisa mungkin saya hindari obat-obatan ini :

    • Antibiotik : karena seringnya saya terkena infeksi karena alergi air laut, sehingga setiap kali infeksi dosisnya dan tingkatan antibiotik bertambah dan berganti-ganti merk. Hal ini tentu saja membuat bakteri akan semakin kebal dan bakteri dalam tubuh kita kan menjadi superbug. Jadi saya pernah merasakan obat antibiotik gak mempan setelah habis di minum. sehingga saya mengobati infeksi dengan antibiotik alami.
    • Kortikosteroid : Merupakan obat dewa yang bisa menyembuhkan eksim dengan cepat, namun efeksamping yang membahayakan jika sering digunakan, tubuh kita akan rusak, seperti terkena darah tinggi, pendarahan pada kulit, dan penipisan kulit. Apalagi waktu itu saya menggunakannya tanpa anjuran dokter.
    • Gunakan obat tersebut jika manfaatnya lebih besar daripada efeksampingnya. Tentunya Dokter spesialis Kulit memberikan resep sesuai dengan kebutuhan kita. Karena setiap pasien pasti tidak sama obatnya.

Dengan langkah-langkah di atas eksim saya jarang kambuh, tentu saja dengan seperti ini akan mengurangi pengeluaran untuk eksim, tanpa perlu menggunakan obat-obatan yang lain. Dan menurut saya cara ini adalah yang paling mudah untuk mengatasi penyakit eksim

Semoga penderita eksim seperti saya bisa cocok dengan cara yang seperti saya lakukan. Mungkin pembaca ada cara lain untuk menangani eksim jangan sungkan untuk berkomentar. Mari saling berbagi..






1 Response to "Sering Ke Dokter Spesialis Kulit Tapi Eksim Tetap Tidak Sembuh, Ini Yang Saya Lakukan.."

  1. Kalo di bandung, dokter kulit untuk eksim siapa yg paling direkomendasikan? Tks

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel