Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Eksim (Atopic Dermatitis)

makanan yang dilarang eksim untuk dikonsumsi
Makanan yang harus dihindari penderita eksim
Waktu itu eksim saya kambuh, karena tidak menjaga konsumsi makanan, kecapekan dan stress pekerjaan. Sebelumnya saya tidak mengkonsumsi obat dan suplemen apapun untuk mengatasi eksim saya selama satu bulan, sehingga kedua kaki saya bengkak ber nanah dengan area yang cukup luas.

Tidak hanya dikaki saja di bagian lengan, tangan dan paha juga melepuh  karena eksim. Tak hanya dikaki saya juga merasakan sakit juga di bagian kelenjar paha kanan dan kiri, semuanya membesar dan terasa nyeri apalagi jika tak sengaja disentuh.

Tapi semua keadaan itu saya tak hiraukan, akhirnya pada suatu malam saya merasakan pegal-pegal seluruh badan, demam tinggi, dan kepala pusing. Saya curiga mungkin ini darah tinggi kambuh karena dulu pernah kena karena over dosis konsumsi obat yang mengandung steroid.

Akhirnya saya putuskan esok harinya periksa ke dokter umum, setelah diperiksa ternyata darah saya normal dengan tekanan 110, kemudian saya di kasih obat asam mefenamat dan anti alergi, saya tidak banyak bertanya kepada dokter tentang obat yang diberikan dan kondisi kesehatan saya

 Kemudian saya disarankan istri untuk langsung periksa lagi ke dokter spesialis kulit, mungkin melihat parahnya kaki saya jadi lebih baik langsung ditangani ahlinya, singkat cerita setelah periksa di dokter kulit saya di kasih obat yang mengandung steroid (saya browsing kandungan obatnya di beberapa situs), saya agak kecewa karena lagi-lagi minum steroid. 

Setelah itu saya berbincang-bincang dengan dokter, di situ saya dinasehati untuk menjauhi makanan-makanan yang terlarang untuk orang penderita eksim seperti aku. Karena memang bawaan eksim ini tidak bisa sembuh, sampai kapan minum obat jika tidak menjauhi makanan yang dilarang. Tapi memang dasarnya saya bandel untuk masalah menjauhi makanan. Oke langsung saja, berikut makanan-makanan yang dilarang:


    1. Ayam negeri dan turunannya, 

    Banyak makanan yang sedikit mengandung ayam maupun berbahan dasar ayam. Seperti Mie ayam, Sate Ayam, Bakso Ayam dan sebagainya yang mengandung ayam. Merupakan makanan yang enak-enak jadi gak yakin bisa menjauhi makanan ini.

        2. Telur dan turunannya  

        Banyak makanan yang sedikit mengandung telur maupun berbahan dasar telur. Seperti macam-macam roti, kue-kue kering, martabak, dan sebagainya yang mengandung telur. Ini juga enak, repot juga menjauhi telur sebagian besar makanan sudah dicampur dengan telur. Hmmmm..

            3. Ikan Laut dan Ikan Tawar

            Walaupun jarang mengkonsumsi ikan tapi ikan juga bisa membuat alergi semakin parah, maka jangan sering-sering makan udang, tongkol, lemuru dan lain-lainya, tetapi Tidak semua ikan bisa membuat alergi setiap orang bisa berbeda. Nanti saya cantumkan menyusul.

                4. Kacang Tanah dan turunannya

                Kacang tanah bisa terdapat di Rempeyek, rujak, dan dipakai untuk bahan kue. Yang paling sering saya dibuat dilema adalah pas lagi kepingin rujak soto pasti repot mau makan nanti kumat eksimnya.. Hmmmm.

                5. Makanan Yang Tidak Sehat

                Untuk kategori makanan ini banyak sekali contohnya, yang pasti makanan yang kurang menggandung gizi dan membawa zat-zat yang merugikan tubuh, antara lain:
                • Makan cepat saji / fast food
                • Makanan gorengan, apalagi menggunakan minyak yang sudah berkali - kali di pakai
                • Makanan yang mengandung pewarna dan pengawet.
                • Makanan yang banyak mengandung gula, karena luka bisa lama sembuh.
                    Semua makanan diatas dilarang untuk dimakan karena alergi atau memperparah eksim, tetapi disisi lain penderita eksim akan dilema jika disuruh menjauhi makanan tersebut, karena kemungkinan keterbatasan untuk mengolah makanan sendiri.

                    Apalagi jika beli diluar kita tidak tahu pasti apa kandungan bahan didalam makanan yang kita beli. Dan pasti mempersempit pilihan menu makanan yang kadang membuat penderita eksim tidak tahan. Sekian yang dapat saya sampaikan mungkin ada tambahan lagi, jangan sungkan untuk komentar.

                    0 Response to "Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Eksim (Atopic Dermatitis)"

                    Post a Comment

                    Iklan Atas Artikel

                    Iklan Tengah Artikel 1

                    Iklan Tengah Artikel 2

                    Iklan Bawah Artikel